UMSurabaya Repository

Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Muroja’ah Pada Siswa Kelas I B di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Bangkalan

Edison, Muslim (2016) Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Melalui Metode Muroja’ah Pada Siswa Kelas I B di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (305kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (189kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode muroja’ah bermaksud untuk membiasakan membaca menulis surat-surat pendek, sehingga tanpa disadari siswa-siswi secara tidak langsung mereka telah melakukan kegiatan menghafal Al-Qur’an tanpa tertekan. Latar belakang masalah, siswa-siswi kurang menyukai kegiatan baca tulis Al-Qur’an atau menghafal ayat-ayat Al-Qur’an karena metode yang diterapkan membuat siswa cepat merasa bosan dan merasa tertekan ditambah mereka kurang menyukai pengetahuan tentang agama, mereka terlalu asyik dengan kegiatan duniawi, maka diperlukan sebuah metode yang menyenangkan dan tidak menekan siswa dengan membiasakan membaca menulis Al-Qur’an setiap waktu secara sistem periodik dan menyenangkan. Penelitian: 1. Bagaimana Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Muroja’ah bagi Siswa?, 2. Apakah ada Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Muroja’ah bagi Siswa?. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) ini bertujuan untuk mengetahui:1.Penerapan Metode Murojaah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an bagi Siswa. 2. Adanya Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Muroja’ah bagi Siswa.Subjek penelitian ini adalah 22 orang Siswa Kelas 1B Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Bangkalan Semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan data berupa aktivitas siswa yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data tersebut adalah sebagai berikut: (1) Persentase hasil baca tulis Al-Qur’an setelah dikelompokkan menjadi 5 kategori pada siklus I yaitu baik sekali 22,73%, baik 40,90%, cukup 22,73% dan kurang 13,63%, dengan nilai rata-rata 70,32, skor tertinggi 85,71, nilai terendah 51,43, standar deviasi 10,32, dan ketuntasan kelas 63,63%. (2) Persentase hasil baca tulis Al-qur’an setelah dikelompokkan menjadi 5 kategori pada siklus II yaitu baik sekali 40,90%,45,45 baik , cukup 13,63%, dengan nilai rata-rata 76,34, skor tertinggi 94,29, skor terendah 60,00, standar deviasi 8,746, dan ketuntasan kelas 86,36%. (3) Aktivitas siswa yang bersifat positif seperti memperhatikan bacaaan guru, bertanya, mengulangi bacaan guru, membaca bergiliran, menulis materi bacaan, meminta bimbingan dalam baca tulis, mengalami peningkatan persentase dari setiap siklus. Aktivitas yang bersifat negatif seperti belajar pelajaran lain, mengganggu teman, dan keluar masuk kelas, mengalami penurunan persentase dari setiap siklus. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode muroj’ah dalam model pembelajaran langsung mampu meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa kelas IB SD Muhammadiyah 01 Bangkalan dari nilai rata-rata 70,32 menjadi 76,34.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Baca Tulis Al-Qur’an, Muroja’ah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:29
Last Modified: 25 Jul 2018 03:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1504

Actions (login required)

View Item View Item