Baidowi, M. (2015) Pengaruh Metode Mengajar Guru Agama Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Bani Muqiman Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (346kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
Abstract
Latar belakang dari permasalahan ini adalah karena penulis melihat bahwa metode mengajar sangat penting bagi guru, dan berpengaruh pada minat belajar siswa. Maka dari itu, guru harus bijak dan kreatif dalam menggunakan metode mengajar. Penelitian tentang Metode Mengajar Guru Agama Terhadap Minat Belajar Siswa di SMP Bani Muqiman Kelas VII Bangkalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan guru agama kelas VII SMP Bani Muqiman Bangkalan, untuk mengetahui minat belajar siswa SMP Bani Muqiman Bangkalan, untuk mengetahui pengaruh metode mengajar guru agama terhadap minat belajar siswa SMP Bani Muqiman Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dengan menggunakan Rumus Chi Kuadrat. Subyek penelitian ini berjumlah 25 responden. Dari data yang terkumpul, kemudian dianalisis. Penelitian ini menunjukkan bahwa, 1). Metode yang digunakan guru agama dalam proses belajar mengajar hanya memakai metode ceramah, sehingga menimbulkan kejenuhan terhadap siswa. 2). Minat belajar siswa SMP Bani Muqiman Bangkalan termasuk kategori tidak baik, dengan perolehan skor rata-rata 16. 3). Terdapat pengaruh metode mengajar guru agama terhadap minat belajar siswa kelas VII SMP Bani Muqiman Bangkalan. Hal ini dapat diketahui pada tabel pengaruh dengan N = 25, dan D.B 1 pada taraf signifikan 1% sebesar 6,35, yang berarti tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus menggunakan metode yang variatif agar menumbuhkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mengajar, Minat Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 07:33 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |