Lailatul Badriah, Novi and Isa Anshori , M,Ag (2015) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN AL-ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (364kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (271kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (336kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (369kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (87kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pada umumnya di sekolah manapun mata pelajaran Al-Islam cenderung diabaikan oleh peserta didik, karena peserta didik berpendapat mata pelajaran Al-Islam merupakan mata pelajaran yang sangat monoton dan membosankan. Penelitian ini tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan proses pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Tujuannya adalah untuk mengetahui proses pembelajaran Al-Islam di kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan proses pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya dan untuk mengetahui hasil pembelajaran Al-Islam kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan deskriptif analitis dengan cara menuturkan dan menafsirkan data yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel ditetapkan secara purposive sampling (sampel bertujuan). Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 siswa atau 25% dari jumlah populasi 306 siswa dan 3 guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpukan: 1. Proses pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya sudah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran saintific yang menekankan pada lima pengalaman belajar pokok yaitu: Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasikan/mengelolah informasi dan mengkomunikasikan. 2. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan proses pembelajaran dengan melakukan berbagai inovasi pada beberapa unsur-unsur strategi pembelajaran antara lain pada metode dan media pembelajaran. 3. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, dapat dikatakan belum berhasil karena belum mencapai angka 75% dari aspek kualitas dan hasil pembelajaran. Kata kunci : Proses pembelajaran Al-Islam, Strategi guru Pendidikan Agama Islam, hasil pembelajaran Al-Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:19 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 09:19 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1632 |
Actions (login required)
View Item |