UMSurabaya Repository

PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN PESAMAAN KUADRAT DI SMA HIDAYATUL UMMAH SURABAYA TAHUN AJARAN 2012 – 2013

Nurul Fiani, Irin and Dra. Iis Holisin, M.Pd and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2013) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN PESAMAAN KUADRAT DI SMA HIDAYATUL UMMAH SURABAYA TAHUN AJARAN 2012 – 2013. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (572kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] PDF (BAB 6)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: metode penemuan terbimbing, One Shoot Study Case. Di dalam pendidikan, proses belajar mengajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang dipelajari bukan mengetahuinya. Pembelajaran yang berorientasi pada target penguasaan materi terbukti berhasil dalam kompetesi jangka pendek, tetapi gagal dalam membekali anak memecahkan persoalan dalam jangka panjang. Hal ini terjadi pada siswa SMA Hidayatul Ummah Surabaya pokok bahasan persamaan kuadrat. Pembelajaran dengan penemuan terbimbing merupakan suatu komponen penting dalam pendekatan konstruksi yang telah memiliki sejarah panjang dalam dunia pendidikan. Ide pembelajaran penemuan terbimbing muncul dari keinginan untuk memberi rasa senang kepada anak dalam “menemukan” sesuatu oleh mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa, aktifitas siswa, dan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan One Shoot Study Case. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Hidayatul Ummah Surabaya. Hasil analisis data diperoleh prestasi belajar siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing, siswa yang tuntas belajar adalah 25 siswa sedangkan rata-ratanya sebanyak 69,89, dan simpangan baku sebanyak 69,80. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memiliki rata-rata presentasi terbesar 23,44% pada kategori berdiskusi, 19,96 pada kategori mengerjakan latihan/ LKS, dan 16,67 pada kategori mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru. Sedangkan Hasil kuesioner siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing sebesar 72,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 09:17
Last Modified: 28 Nov 2017 09:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1633

Actions (login required)

View Item View Item