WILUJENG, NANCY RURIA and Drs. Wudjud Soepeno Dihardjo, M. Pd and Makmun Hidayat, S.Pd, M.Pd (2013) PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN VAIR PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAR KELAPA GADING SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (158kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (79kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (313kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (231kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
PDF (BAB 6)
Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (284kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan VAIR, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Respon Siswa Matematika sering dianggap siswa sebagai pelajaran yang sulit, oleh karena itu guru harus menggunakan cara yang tepat dalam mengajarkannya. Salah satu solusi dari permasalahan itu adalah pembelajaran kooperatif dengan pendekatan VAIR yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, hasil belajar, serta respon siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan rancangan one shot-case study dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya yang berjumlah 16 siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 73. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu data aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar pengamatan aktivitas, data hasil belajar siswa yang diperoleh melalui soal evaluasi, serta data respon siswa yang diperoleh melalui lembar angket respon siswa. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa yang paling menonjol pada pertemuan pertama adalah memperhatikan visualisasi gambar tentang persegi panjang dalam mengukur keliling dan luas persegi panjang yang di presentasikan oleh guru (Visual) sebesar 4,28 %, mendengarkan penjelasan guru atau siswa lain (Auditory) sebesar 19,65 %, mencatat/merangkum (Intellectualy) sebesar 5,04 % dan mengerjakan evaluasi (Repetition) sebesar 11,84 %, sedangkan pada pertemuan kedua adalah memperhatikan visualisasi gambar tentang persegi dalam mengukur keliling dan luas persegi yang di presentasikan oleh guru (Visual) sebesar 4,37 %, mendengarkan penjelasan guru atau siswa lain (Auditory) sebesar 21,84 %, mengemukakan pendapat (Intellectualy) sebesar 7,28 % dan mengerjakan evaluasi (Repetition) sebesar 11,65 %. Hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 87,5 % dan telah memenuhi Standar Ketuntasan Minimal. Respon siswa pada pertemuan pertama sangat positif sebesar 88,31 %, sedangkan pada pertemuan kedua sangat positif sebesar 91,56 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:31 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 09:31 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1641 |
Actions (login required)
View Item |