UMSurabaya Repository

EFEKTIFITAS METODE AL-BARQY TERHADAP KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SECARA FASIH DAN TARTIL TPA AL-HILAL SURABAYA

Painu, Maskur and Mulyono Najamuddin , M.Pd.I (2015) EFEKTIFITAS METODE AL-BARQY TERHADAP KEMAMPUAN ANAK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN SECARA FASIH DAN TARTIL TPA AL-HILAL SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (373kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (138kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh masalah kemampuan membaca al-Qur’an di kalangan generasi muda Islam Indonesia yang sempat menimbulkan keprihatinan yang mendalam dari para tokoh umat Islam, termasuk pemerintah sendiri. Hal ini dikarenakan mayoritas dari generasi muda Islam itu masih banyak yang buta huruf al-Qur’an. Seperti yang terjadi pada anak-anak usia muda sampai dewasa di lingkungan masjid al-Hilal Surabaya. Hal ini terjadi karena dahulunya suasana pembelajaran sering kali membuat para santri jenuh. Oleh karena itu para ustadzah TPA al-Hilal berupaya menggunakan metode al-Barqy sebagai media pembelajaran membaca/menulis al-Qur’an, agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak didik. Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan, pertama bagaimana pelaksanaan pembelajaran metode al-Barqy di TPA Al-Hilal Surabaya, kedua bagaimana kemampuan membaca al-Qur’an di TPA Al-Hilal Surabaya, ketiga bagaimana efektifitas pembelajaran metode al-Barqy terhadap kemampuan membaca al-Qur’an di TPA Al-Hilal Surabaya. Beberapa tujuan dalam penelitian ini dapat penulis deskripsikan sebagai berikut: pertama, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengajaran al-Barqy, kedua, untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an di TPA Al-Hilal Surabaya; ketiga, untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pembelajaran metode al-Barqy terhadap kemampuan membacaal-Qur’an di TPA Al-Hilal Surabaya. Beberapa kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil-hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini adalah, pertama“pembelajaran metode al-Barqy di TPA A-Hilal tentang huruf-huruf hijaiyyah dapat dikatakan 100% berkategori baik, sedang yang kedua“untuk efektifitas pembelajaran metode al-Barqy terhadap kemampuan membaca al-Qur’an di TPA Al-Hilal Surabaya juga 100% baik, dan untuk kemampuan membaca al-Qur’an santri TPA Al-Hilal Surabaya secara fasih dan tartil rata-rata mempunyai nilai 90, dan itu berkategori baik. Kata Kunci: Efektivitas, Metode, Al Barqy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2017 10:05
Last Modified: 28 Nov 2017 10:05
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item