UMSurabaya Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN BODY GUESS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM RESPIRASI DI SMPN 52 SURABAYA

FARIDHA, ELLAYIN and Drs. Abdul Ghoni, M.Kes and Ir. Ruspeni Daesusi, M.Kes (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE PERMAINAN BODY GUESS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM RESPIRASI DI SMPN 52 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (181kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (84kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Faridha, Ellayin. 2011.Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Permainan Body Guess terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Respirasi di SMPN 52 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Dr. Wiwi Wikanta,M.Pd., Pembimbing II: Drs. Abdul Ghoni,M.Kes. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji minat dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran biologi pokok bahasan respirasi pada manusia menggunakan pembelajaran model kooperatif dengan metode permainan Body Guess pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 52 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental dengan rancangan Posttest Only Control Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII E sebagai kelompok perlakuan dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil secara acak dari 4 kelas yang ada. Data hasil penelitian berupa minat belajar dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan metode statistik Mann Whitney pada α=0,05. Hasil persentase data minat siswa menunjukkan pada kelompok perlakuan 95,5% dan kelompok kontrol 91,25%. Hasil belajar siswa menunjukkan nilai signifikansi (p)=0,016, atau p<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode permainan Body guess terhadap minat dan hasil belajar siswa di SMPN 52 Surabaya. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Metode Permainan, Body Guess, Minat, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:50
Last Modified: 03 Jul 2020 11:06
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item