Martati, Badruli and Hendarwati, Endah and Wahono, Wahono and Febrianti, Nur Indah and Aris Setiawan, Aris
(2013)
PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UM SURABAYA.
Didaktis : Jurnal Pendidikan , 13 (3).
pp. 77-84.
ISSN 1412-5889
Abstract
Pembelajaran yang dilaksanakan dimana peran dosen sangat dominan membawa dampak pada kurang mandirinya mahasiswa. Kondisi tersebut tidak sesuai dengan konsep tentang diri peserta didik sebagai pebelajar andragogi, dimana mahasiswa telah mampu mengarahkan diri sendiri, mempunyai pengalaman beragam, siap belajar sebagai akibat dari posisinya dalam transisi perkembangan, menyenangi pembelajaran problem-centered atau performance-centered. Penerapan pembelajaran Student Active Learning (SAL), dipandang sesuai untuk pebelajar andragogi, disamping itu dapat pula disisipkan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Melalui Lesson Study kegiatan pebelajaran SAL dapat diaplikasikan dengan memberikan muatan karakter untuk meningkatkan kemandirian dan kompetensi mahasiswa. Oleh karena Lesson Study bersifat positif bagi mahasiswa dan dosen yang nampak pada sikap dosen yang mau mengkoreksi diri sendiri, terbuka terhadap orang luar, mau mengakui kesalahan, mau memakai ide orang lain dan mau memberi masukan yang jujur dan enuh respek.
Kata kunci : lesson study, pembelajaran, andragogi, karakter
Actions (login required)
|
View Item |