UMSurabaya Repository

Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017

Putri, Didin Arifin (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VII A SMPN 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (232kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Bermula dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama mengajar di SMPN 2 Pamekasan dan hasil diskusi antara peneliti dan beberapa guru pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan selama ini kurang variatif sehingga kemampuan menulis teks deskripsi siswa rendah, maka perlu usaha untuk mengatasi hal tersebut, salah satu cara yaitu menerapkan pembelajaran dengan metode field trip. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana aktivitas guru dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan?, (2) bagaimana aktivitas siswa dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan?, (3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode field trip? Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan, (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dengan metode field trip. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIA SMPN 2 Pamekasan pada tahun pelajaran 2016-2017 semester ganjil yang diawali dengan membuat perangkat pembelajaran dan instrument penelitian. Data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif sedangkan hasil tes tulis pengetahuan dan tes tulis keterampilan dianalisis berdasarkan ketuntasan klasikal dan rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dimana pada tes tulis pengetahuan nilai rata-rata kelas meningkat dari 58,94 menjadi 81,69. Persentase ketuntasan meningkat dari 28,57% menjadi 85,71%. Pada tes tulis keterampilan nilai rata-rata kelas meningkat dari 65,69 menjadi77,37. Persentase ketuntasan meningkat dari 37,14% menjadi 88,57%. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VIIA semester ganjil tahun pelajaran 2016-2017 di SMPN 2 Pamekasan meningkat melalui pembelajaran dengan metode field trip.Hal ini terlihat dari perbandingan hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam mengidentifikasi struktur dan kebahasaaan teks deskripsi, hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam menulis teks deskripsi, dan tes tulis antara siklus I dengan siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menulis Teks Deskripsi, Metode Field Trip
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 24 Feb 2018 08:19
Last Modified: 23 Jul 2018 04:43
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item