UMSurabaya Repository

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Siswa Kelas V A SDN Rangkah I Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017

Hardini, Hardini (2017) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Debat Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Siswa Kelas V A SDN Rangkah I Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (165kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berbicara bukanlah suatu jenis keterampilan yang dapat diwariskan secara tu run temurun walaupun pada dasarnya secara alamiah setiap manusia dapat berbicara. Namun, keterampilan berbicara secara formal memerlukan latihan dan pengarahan yang intensif. Ke mampuan siswa dalam berbicara juga akan bermanfaat dalam kegiatan menyimak dan mema hami bacaan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan keterampilan berbicara baha sa Indonesia siswa kelas V A SDN Rangkah I Surabaya sebelum diterapkan metode debat; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara ba hasa Indonesia siswa kelas V A SDN Rangkah I Surabaya; dan 3) Mendeskripsikan pening katan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas V A SDN Rangkah I Surabaya me lalui metode debat. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk meningkatkan keterampilan sis wa dalam berbicara maka perlu digunakan metode pembelajaran yang tepat. Salah satu meto de pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah metode debat. Metode ini dapat me mancing siswa untuk berbicara di depan kelas dan membantu terjadinya komunikasi. Data di peroleh dari wawancara kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk menemukan gambaran tentang hasil belajar materi lingkungan yakni menanggapi persoalan yang terjadi di lingkungan setempat sebelum penerapan metode debat. Untuk penyajian data penilaian ini pe neliti mengelompokkan tahap-tahap menjadi dua kelompok yaitu: Tahap Siklus I dan Tahap Siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Metode Debat, Bahasa Indonesiai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 24 Feb 2018 09:22
Last Modified: 23 Jul 2018 03:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item