Anifah, Nur (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Ekstensif dengan Menggunakan Metode P2R di Kelas IV SD Muhammadiyah 11 Surabaya Tahun Ajaran 2016/2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (464kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (201kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (135kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (222kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (751kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (754kB) |
Abstract
Keterampilan membaca ekstensif di kelas IV SD Muhammadiyah 11 Surabaya, termasuk ren dah. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara disebabkan: 1. Kurang aktif dalam belajar, pasif dan tidak konsentrasi, 2. Menganggap membaca merupakan kegiatan sudah biasa dilakukan. tidak mampu memahami isi atau gagasan dengan baik. Terbukti saat guru memberikan pertanyaan banyak siswa tidak mampu menjawab dengan baik, 3. Guru tidak menggunakan metode membaca yang tepat dan bervariasi sehingga siswa kurang tertarik dan kurang mampu meningkatkan keterampilan siswa. Siswa disuruh membaca kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan. Hal ini terjadi karena siswa tidak mengetahui tujuan dan manfaat dari membaca sehingga terkesan siswa hanya asal membaca dan hanya mencari jawaban soal yang diberikan. Tujuan penelitian : 1. Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran membaca eks tensif, 2. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca ekstensif. 3. Mendeskripsikan respon siswa, dan 4. Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dalam peningkatan kemampuan membaca ekstensif dengan menggunakan metode P2R. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Simpulan : 1. Adanya perbaikan pada siklus II menjadikan pembelajaran membaca ekstensif mengalami peningkatan dan proses pembelajaran berjalan lancar, 2. Terjadi peningkatan sebesar13,1 atau 28,5% dari siklus I ke siklus II. Siswa mengalami perubahan kearah yang lebih positif, lebih aktif dan komunikatif, mudah bekerja sama dalam kelompok dan mandiri, 3. Berdasarkan hasil nontes pada siklus I, siswa masih tampak perilaku negatif, belum aktif, belum maksimal dalam bekerjasama dalam kelompok, kurang kritis, tidak di siplin dan kurang tertib, kurang rasa tanggung jawab dan kemandirian, 4. Kelebihan, yaitu : a. Merasa senang dengan cara guru yang santai, murah senyum, dan tidak galak, b. Terkesan, dan c. Mendukung. Kekurangannya, yaitu : a. Sebagian mengalami kesulitan menentukan gagasan pokok, dan b. Menuliskan kata-kata yang dianggap sulit.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekstensif Kemampuan Membaca, Metode P2R |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 24 Feb 2018 10:36 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2108 |
Actions (login required)
View Item |