Risnawati, Risnawati (2017) Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (413kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (197kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (443kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (102kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (341kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (88kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam membangun budaya literasi perlu kesadaran diri sendiri oleh masyarakat. Seperti membiasakan membaca buku, majalah, koran atau sumber informasi lainnya, dan juga membiasakan kegiatan menulis seperti membuat catatan. Peran pemerintah juga dituntut besar, seperti memperkuat dunia pembukuan, memperbanyak taman bacaan atau perpustakaan, mensubsidi buku-buku, membantu distribusi buku serta yang paling penting yaitu menggalakkan budaya membaca. Studi kasus tentang rendahnya kemampuan membaca menulis siswa Indonesia, hingga kini belum melahirkan pendekatan atau teori baru yang mampu mendongkrak dan memotivasi siswa untuk menulis. Hal ini diperparah dengan mengglobalnya informasi melalui media visual yang berpengaruh terhadap pembangunan wacana literasi masyarakat Indonesia yang hendak kita bangun dengan sistem pendekatan terkini adalah sebuah masyarakat yang menyadari pentingnya belajar secara terus menerus dan menggunakan kegiatan membaca menulis (literasi). Melihat kondisi demikian, maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai budaya literasi pada siswa kelas VI dengan judul Budaya Literasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI. Tujuan penelitian : 1. Mendeskripsikan kegiatan budaya literasi yang dilakukan siswa kelas VI; 2. Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi budaya literasi terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VI. Metode penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui : 1. Observasi; 2. Wawancara; dan 3. Dokumentasi. Teknis analisis data : 1. Reduksi data; 2. Sajian deskripsi data; 3. Kesimpulan/penarikan simpulan Simpulan : 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan budaya literasi sekolah secara optimal. Berbagai macam program kegiatan seperti : bimbingan pemakaian perpustakaan, latihan penggunaan koleksi, pembuatan kliping, pengenalan dan cara penggunaan internet secara sehat, pengenalan dan cara menggunakan OPAC, lingkar sastra yang bekerjasama dengan guru bahasa Indonesia, dan nonton film edukasi di ruang perpustakaan. Selain itu program perpustakaan disesuaikan dengan kurikulum sekolah sehingga perpustakaan sekolah memasukkan program-program pembelajaran yang disesuaikan tingkat kelas. Untuk jadwal kunjungan telah ditetapkan atau dijadwalkan supaya pustakawan bisa lebih intensif dalam menjalan program-program tersebut; 2. Program penunjang kebijakan budaya literasi, yaitu : reading group, morning motivation, mini library, pengadaan perpustakaan, best reader of the month, book lover, bulan bahasa, world book, wakaf buku, story telling, mading, dan library class. Sedangkan pelaksanaan berupa : komunikasi, sumber daya (terdiri dari sumber daya manusia, sumber dana dan sumber daya waktu), disposisi, dan struktur birokrasi. Saran : 1. Budaya literasi suatu sekolah seharusnya tidak hanya melibatkan peran siswa dan sekolah saja tetapi juga melibatkan peran keluarga dan masyarakat termasuk negara; 2. Budaya literasi suatu sekolah di samping masalah pembiasan pengembangan dan pembelajaran juga memerlukan perhatian sarana dan prasarana yang memadai dan peran keluarga serta masyarakat mendukung untuk peningkatannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Literasi, Hasil Belajar Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 25 Feb 2018 03:37 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 04:54 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2112 |
Actions (login required)
View Item |