UMSurabaya Repository

Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/ 2017

Wahyuni, Sri (2017) Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (751kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi tanggal 25 Nopember 2016, kelas V semester 1 SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017 kemampuan siswa dalam menulis puisi masih kurang. Menulis puisi menjadi materi pembelajaran yang sulit dikuasai oleh siswa karena siswa kurang mampu dalam menentukan tema, penulisan isi, pilihan kata, dan kesesuaian judul. Apalagi penggunaan media yang minim oleh guru. Penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran merangsang anak untuk berperan aktif, membangkitkan motivasi belajar, membantu mempermudah pemahaman materi pelajaran. serta membuat sis-wa tidak bosan dalam mengikuti kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa Kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017 setelah menggunakan media gambar seri. 3)Untuk menganalisis pengaruh media ganbar seri terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan tahun pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (matching pretest-posttest kontrol GroupDesain). Teknik pengambilan sampel meng-gunakan pusposive sampling, 20 siswa sebagai kelompok kontrol dan 20 siswa sebagai Kelompok eksperimen. 1) Hasil pretes kelompok kontrol nilai tertinggi adalah 79, nilai terendah adalah 44, nilai rata-rata 61,55 dan standart deviasi 5,79. Sedangkan pretes Kelompok Eksperimen nilai tertinggi adalah 65, nilai terendah adalah 53, nilai rata-rata 58,25 dan standart deviasi 5,19. 2) Hasil postes kelompok kontrol tertinggi adalah 81, nilai terendah adalah 69, nilai rata-rata 74,55 dan standart deviasi 3,32. Sedangkan hasil postes kelompok eksperimen setelah menggunakan media gambar seri diperoleh nilai tertinggi 85, nilai terendah 74, rata-rata 80,55 dan 55% sebaian besar sangat baik. 3) Berdasarkan hasil uji t, nilai t hitung adalah 5.458. Apabila dibandingkan dengan t tabel maka dapat disimpulkan bahwa t hitung (5.458) > t tabel (1.708). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media gambar seri memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri Dlambah Dajah 1 Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar Seri, Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 25 Feb 2018 03:56
Last Modified: 23 Jul 2018 05:41
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item