Holis, Holis (2017) Analisis Faktor Pemerolehan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Banasare 2 Rubaru Sumenep. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (454kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (93kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (188kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (81kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (11kB) |
Abstract
Pemerolehan bahasa Indonesia siswa sebagai bahasa kedua banyak mengalami kesulitan. Pengetahuan bahasa Indonesia siswa masih rendah, sehingga hal ini berdampak pada pemahaman siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia menjadi tidak tepat dan sempurna. Apalagi bahasa Indonesia yang digunakan tersebut merupakan bahasa serapan dari bahasa asing, sehingga siswa semakin mengalami kebingungan. Permasalahan-permasalahan tersebut mendapatkan perhatian dan penanganan secara intensif dari guru kelas III, agar pemerolehan bahasa Indonesia siswa menjadi baik. Dalam hal ini, guru kelas III memberikan contoh kepada siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan memberikan dorongan kepada siswa untuk membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia ketika berkomunikasi dengan orang lain. Melalui upaya tersebut diharapkan dapat memperluas pemerolehan bahasa Indonesia, sehingga pemahaman siswa terhadap bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi menjadi lebih baik dan sempurna. Permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini terdiri dari (1) bagaimanakah proses pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Banasare 2 Rubaru Sumenep, (2) apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Banasare 2 Rubaru Sumenep, dan (3) apa strategi yang dapat dilakukan dalam pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Banasare 2 Rubaru Sumenep. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah grounded theory. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas III dan beberapa orang siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III dilakukan melalui proses (a) lingkungan informal atau lingkungan naturalistik, dan (b) lingkungan formal atau lingkungan artifisial, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III mencakup (a) faktor motivasi, (b) faktor usia, (c) faktor penyajian formal, (d) faktor bahasa pertama, dan (e) faktor lingkungan, dan (3) strategi yang dapat dilakukan dalam pemerolehan bahasa Indonesia siswa kelas III, di antaranya adalah (a) perencanaan, (b) aktif, (c) empatik, (d) formal, (e) eksperimental, (f) komunikatif, (g) monitor, dan (h) internalisasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, faktor pemerolehan Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 25 Feb 2018 04:58 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:58 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2121 |
Actions (login required)
View Item |