Robisah, Mahsun (2017) Profil Pendidik yang Ideal (Studi Komparatif Antara Konsep Al-Ghazali Dengan UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (281kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (382kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (631kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (360kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (261kB) |
Abstract
Upaya menyiapkan tenaga guru merupakan langkah utama dan pertama yang harus dilakukan. Dalam arti formal tugas keguruan bersikap profesional, yaitu tugas yang tidak dapat diserahkan kepada sembarang orang. Dalam artian, guru tersebut harus mempunyai kemampuan untuk mengerahkan dan membina anak didiknya sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang luhur dan bermanfaat menurut pandangan agama. al-Ghazali merupakan salah satu tokoh Islam yang memiliki konsep pendidikan Islam yang perlu dikaji, khususnya terkait profil pendidikan. Dari latar belakang di atas, diformulasikan rumusan sebagai berikut : 1). Bagaimana profil pendidik menurut Al-Ghazali. 2). Bagaimana profil pendidik dalam UU nomer 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. 3). Bagaimana persamaan dan perbedaan profil pendidik antara konsep Al-Ghazali dengan UU nomer 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya adalah buku-buku atau sumber kepustakaan lain. Teknik analisis datanya menggunakan Induktif dan Deduktif. Induktif digunakan ketika didapati data-data yang mempunyai unsur-unsur kesamaan kemudian dari situ ditarik kesimpulan umum. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan : pertama : Profil pendidik menurut Al-Ghazali adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pendidikan dan pengajaran, serta bertugas untuk menyempurnakan, mensucikan dan menjernihkan serta membimbing anak didiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedua : Dalam UU nomer 14 tahun 2005, menyebutkan bahwa seorang pendidik (guru dan dosen) harus mempunyai kompetensi di bidangnya Kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Ketiga : Pendapat Al-Ghazali dan UU nomer 14 tahun 2005 tentang profil pendidik terdapat perbedaan juga terdapat persamaannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profi Pendidik, Al-Ghazali, Undang-Undang |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 05:47 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 03:14 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
View Item |