UMSurabaya Repository

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo

Chomariah, Nur (2017) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (161kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar, karena dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa baik berupa alat ataupun bahan ajar. Selain itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk memotivasi dan berkomonikasi dengan siswa agar lebih efektif semangat dan antusias dalam kegiatan bealajar dan pembelajaran. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan. Penelitian ini terdiri dari beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah bagaimana penggunaan media, bagaimana kendala penggunaan media, dan bagaimana mengatasi kendala tersebut. Jenis penelitian dalam tesis ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan Observasi, Interview dan Dokumentasi. Sedangkan pengolahan dan analisa data menggunakan Data yang diperoleh hasil dari pengamatan, wawancara, cuplikan tertulis dari dokumenter, catatan lapangan, tidak dituangkan dalam bilangan statistik. Temuan penelitian dalam tesis ini dapat disimpulkan :Pertama :Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran LKS dan PryektorLCD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo. Kedua: Kendala-kendala yang peneliti dapati ketika menggunakan media LKS dan Proyektor LCD pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Dharma Wanita 4 Taman Sidoarjo sebagai berikut: Kurang siapnya siswa dalam mengikuti pelajaran pada pertemuan pertama dengan menggunakan media LKS, Masih ada siswa yang lupa membawa LKS. Ketiga : Adapun upaya-upaya yang dilakukan sebagai berikut: Memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti proses belajar mengajar, Menyarankan kepada siswa agar selalu membawa LKS-Nya dan jangan sampai lupa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media, Pembelajaran, Motivasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:13
Last Modified: 23 Jul 2018 02:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item