NURLAILI, EVIDAH and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si, M.Si and Endang Suprapti, S.Pd, M.Pd (2015) TINGKAT KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SALAFIYAH SURABAYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (543kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Matematika bukanlah mata pelajaran instan yang siap dituangkan begitu saja kepada siswa, melainkan sebagai sarana agar siswa menjadi kreatif dan dapat berpikir kritis. Pembelajaran berbasis open-ended problem menjadi salah satu pendekatan yang bisa diterapkan pada pembelajaran matematika di sekolah. Penelititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Surabaya dalam menyelesaikan soal matematika berbasis open-ended problem. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek yang digunakan yaitu 30 siswa kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Surabaya dan akan diambil perwakilan subjek pada setiap tingkat kreativitas dan kemampuan berpikir kritis untuk mengetahui lebih dalam kemampuan dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis soal open-ended dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode yang dilakukan dengan membandingkan hasil tertulis dan wawancara. Sebelum dilaksanakan penelitian, terlebih dahulu dilaksanakan uji instrumen yang dilakukan secara teoritik kepada 3 validator ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Surabaya, sebagai berikut: 1) tingkat kreativitas : 3,33% siswa yang termasuk sangat kreatif, 3,33% siswa yang termasuk kreatif, 3,33% siswa yang termasuk cukup kreatif, 76,67% siswa yang termasuk kurang kreatif dan 13,33% tidak kreatif; 2) tingkat kemampuan berpikir kritis : 3,33% siswa yang termasuk sangat kritis, 3,33% siswa yang termasuk kritis, 3,33% siswa yang termasuk cukup kritis, 6,67% siswa yang termasuk kurang kritis, 83,33% siswa yang termasuk tidak kritis. Kata kunci : Kreativitas, Kemampuan berpikir kritis, open-ended problem
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 10:44 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 10:44 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |