UMSurabaya Repository

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS CERITA SISWA KELAS I SDN BULAK BANTENG II/572 KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Aminah, Siti and Drs. M. Ridlwan,, M.Pd and Dra. Sudjinah, , M.Pd (2008) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR DENGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS CERITA SISWA KELAS I SDN BULAK BANTENG II/572 KECAMATAN KENJERAN KOTA SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (91kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu proses yang dilakukan untuk mendapatkan pengetahuan. Sampai saat ini, membaca masih merupakan budaya yang mengakar kuat untuk membuktikan eksistensi seseorang agar tetap mampu mengikuti perkembangan informasi yang semakin menggelobal. Universalisme nilai-nilai yang didapatkan dengan membaca mampu mengubah seseorang yang bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang berkarakter.Oleh karena itu, membaca adalah tangga yang harus dilakukan sebelum seseorang mencapai keberhasilan. Termasuk berhasil dalam menempuh pendidikan. Adapun rumusan masalah yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca lancar siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 (2) Bagaimanakah pemahaman teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 (3) Apakah terdapat hubungan antara kemampuan membaca lancar dengan pemahaman teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008. Tujuan penelitian ini meliputi dua hal yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. mendeskripsikan hubungan antara kemampuan membaca lancar dengan pemahaman teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008. sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan membaca lancar siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 (2) Untuk mengetahui pemahaman teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 (3) Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca lancar dengan pemahaman teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008. Manfaat penelitian ini adalah: (1) Dapat digunakan sebagai informasi secara jelas tentang kemampuan membaca lancar, yang dapat memprediksi tingkat pemahaman teks cerita siswa (2) Dapat digunakan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan membaca siswa sejak dini sehingga diharapkan nantinya akan terbentuk karakter yang baik sekaligus mengembangkan paradigma yang memiliki kesesuaian dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (3) Dapat digunakan sebagai wacana baru untuk diadakan penelitian lanjutan yang lebih menyeluruh sehingga kemampuan membaca siswa akan memiliki hubungan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman baik dalam bidang studi Bahasa Indonesia maupun disiplin ilmu lainnya. Dari teknik-teknik di atas dapat diharapkan pembahasan ini dapat memenuhi target sesuai dengan permasalahan penyelidikan skripsi ini, sedangkan penganalisahan menggunakan rumus: P = F / N, dengan keterangan P = Persentase, F = Frekuensi yang dicari dari jumlah kesalahan dan N = Jumlah siswa. Dan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara dua variabel yang berbeda digunakan rumus Korelasi Produk Moment: Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca lancar siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 adalah baik dengan tingkat rata-rata test 79.6 (2) Pemahaman Teks Cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008 adalah baik dengan tingkat rata-rata 74,4 (3) Berdasarkan perhitungan di atas nilai rxy yang sebesar 0,73. sedangkan pada r tabel dengan taraf signifikasi 5 % ditemukan nilai r tabel = 0,279, sehingga bila dibandingkan pada taraf kesalahan 5 % hasil kerja analisis lebih besar (0.73 > 0,279). Dengan demikian berarti “ada hubungan antara kemampuan membaca lancar dengan tingkat pemahaman terhadap teks cerita siswa kelas I SDN Bulak Banteng II/572 Kecamatan Kenjeran Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2007-2008”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 07 May 2018 06:34
Last Modified: 07 May 2018 06:34
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2341

Actions (login required)

View Item View Item