Ulfa, Ema Diana (2016) Efektifitas Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Learning di dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (433kB) |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only Download (367kB) |
|
PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meyakinkan bahwa keajaiban nama lain dari kerja keras. Dari yang biasa menjadi luar biasa,tidak ada sekatan bagi jiwa yang mencari ilmu. Keterbatan tidak menghalangkan untuk berbaris di depan. Dari yang sebiji menjadi setangkai dari yang setaangkai menjadi seratus tangkai dari yang seratus tangkai menjadi seribu tangkai yang mana telah dijelaskan dalam Al-Qur`an cerminan pahala bagi manusia sabar dijalanNya. Dari sebuah kisah nyata yang terjadi tolak ukur perjuangan dunia pendidikan itulah yang terjadi pada novel laskar pelangi karya andrea hirata yang menceritakan dunia pendidikan di pelosok kampung blitung timur,sebuah perjuangan dan cita-cita hidup, perjuangan mengejar pendidikan dibalik menjadi pesuruh,penjual ikan,penjaga toko dan bekerja tambang timah. Guru yang selalu dibanggakan yang membuat mereka melihat bawa cita-cta itu ada, di sekolah yang sederhana itu menghantarkan mereka menjadi orang yang sukses di indonesia salah satunya adalah penulis novel laskar pelangi yaitu andrea hirata. Kultur sosial yang melekat pada anak-anak laskar pelangi membuat semuanya paham bahwa dengan sekolah bisa membawa mereka kepada cita-cita yang sesungguhnya..Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana metode pembelajaran “cooperative learning” yang terefleksi dalam novel laskar pelangi karya andrea hirata ? Bagaimana efektifitas penerapan metode pembelajaran cooperative laerning yang terefleksi dalam novel laskar pelangi karya andre hirata? Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan generasi yang tangguh dan kuat,melawan kerasnya hidup, gemar membaca, bekerja keras, dan cinta pada belajar bagaimana yang telah terefleksi dalam novel laskar pelangi karya andrea hitara, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pustaka/library Resanch yaitu membaca buku-buku dan hasil peneltian, buku yang dibaca dapat terbentuk buku teks,ensiklopeda dan kamus. Hasil penelitan yang dapat dibaca seperti laporan penelitian,journal ilmiah,skripsi,tesis dan disertasi. Hasil penelitian menunjukkan Metode pembelajaran “cooperative learning” yang terefleksi dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata cukup efesien dalam kehidupan laskar pelangi dalam novel. Efektifitas penerapan metode pembelajaran cooperatife learning yang terefleksi dalam novel laskar pelangi karya andrea hirata sudah bagus karna metode yang digunakan dalam pembelajaran di dalam novel laskar pelangi mampu membuat perubahan besar dalam proses belajar mengajar, metode yang dianggap sederhana dengan kondisi yang sederhana pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran,Cooperative Learning |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 27 Jul 2018 07:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 11:37 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2359 |
Actions (login required)
View Item |