UMSurabaya Repository

Konsep Al-Qur’an Tentang Kompetensi Guru (Studi Analisis Tematik Surat Al-Qalam Ayat 1-4)

Rusiyan, Rusiyan (2018) Konsep Al-Qur’an Tentang Kompetensi Guru (Studi Analisis Tematik Surat Al-Qalam Ayat 1-4). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (448kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (699kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Kompetensi Guru merupakan kewenangan guru untuk melaksanakan serangkaian tugasnya dalam kegiatan relajar mengajar. Dan ini adalah salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Al – Qur’an sebagai kitab petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, baik tersurat maupun tersirat telah banyak memberikan inspirasi terkait konsep pendidikan, tidak terkecuali ayat-ayat yang menjelaskan tentang kompetensi guru khususnya surat al-Qalam ayat 1-4. Sehingga dalam penulisan tesis ini telah dirumuskan berbagai masalah dengan rincian sebagai berikut : Apa konsep al-Qur’an tentang kompetensi guru dalam Surat al – Qalam Ayat 1 – 4 ? Bagaimana relevansi konsep al-Qur’an tentang kompetensi guru dalam Surat al – Qalam Ayat 1 – 4 dengan Peraturan Mendiknas No. 16 Tahun 2007 poin b tentang Standar Kompetensi Guru ? Apa saja faktor yang mempengaruhi dan menghambat dari kompetensi guru ? Tesis ini merupakan kajian pustaka (library reasech) yang bersifat kualitatif deskriptif, yang menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan metode analisis data yang dipakai adalah metode tafsir maudlu’iy. Kesimpulan dari penulisan Tesis ini adalah Kompetensi yang harus dimiliki guru menurut al-Qur’an surat al-Qalam ayat 1-4 adalah memiliki kepribadian seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW., menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komuniikasi guna pengembangan diri dan ilmu pengetahuan dan memilki kemampuan karya tulis guna pengembangan ilmu pengetahuan dan media komunikasi dengan orang lain. Adapun relevansi Surat al – Qalam Ayat 1 – 4 dengan Peraturan Mendiknas No. 16 Tahun 2007 poin b tentang Standar Kompetensi Guru bahwa terdapat kesesuaian terkait dengan Kompetensi Guru, yakni : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial dan Kompetensi Profesional. Sedangkan faktor yang mempengaruhi dan menghambat kompetensi guru, yaitu faktor internal yang meliputi : tingkat pendidikan, keikut sertaan dalam berbagai pelatihan dan kegiatan ilmiah, masa kerja dan pengalaman kerja, tingkat kesejahteraan, dan kesadaran akan kewajiban dan panggilan hati nurani. Dan faktor eksternal, meliputi : besar gaji dan tunjangan yang diterima, ketersediaan sarana dan media pembelajaran, kepemimpinan kepala sekolah, kegiatan pembinaan yang dilakukan, peran serta masyarakat dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Konsep al-Qur’an, Tematik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2018 07:48
Last Modified: 20 Aug 2018 01:47
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2385

Actions (login required)

View Item View Item