UMSurabaya Repository

Studi Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Karakter

Khotijah, Siti (2018) Studi Analisis Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (359kB)
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aspek kelayakan materi buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X kurikulum 2013 berdasarkan BSNP dalam perspektif Pendidikan Karakter (2) Bagaimanakah aspek kelayakan penyajian (3) Bagaimanakah aspek kelayakan bahasa (4) Bagaimanakah aspek kegrafikan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif- evaluatif. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, bahwa dari aspek kelayakan materi secara keseluruhan sudah dianggap baik namun ada beberapa hal yang perlu adanya perbaikan, seperti pada masalah terkait dengan keakuratan materi, yaitu mengenai sumber rujukan yang kurang jelas, kemudian mengenai perhitungan terkait dengan kelayakan penyajian materi ini, diperoleh nilai 90,6 %. Kedua, dari aspek kelayakan penyajian secara keseluruhan dianggap cukup sehingga ada beberapa hal terkait dengan penyajian tersebut yang perlu ada perbaikan secara serius. Dalam aspek kelayakan penyajian ini ada beberapa temuan-temuan yang perlu segera dibenahi, seperti penyajian dalam aspek sistem pembelajaran yang digunakan hanyalah sistem pembelajaran mandiri, sistem pembelajaran kolaboratif masih kurang, dampak yang ditimbulkan yaitu peserta didik akan kesulitan bekerja sama, Dari hasil perhitungan diperoleh hasil data kelayakan penyajian sebesar 88,2 %, ketiga, dari aspek kelayakan bahasa ini sudah baik dimana cara penulisannya sudah mengunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga menggunakan bahasa yang baik dan sopan sehingga tidak bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat terutama dalam pendidikan karakter yang diterapkan dalam ajaran islam yaitu selalu berucap dengan ucapan akhlakul karimah, dari hasil perhitungan penulis terkait dengan kelayakan bahasa diperoleh hasil 100 %, keempat, dari aspek kelayakan kegrafikan juga sudah baik namun masih ada beberapa hal yang perlu ada perbaikan seperti dalam pencantuman sumber ilustrasi gambar, dari hasil perhitungan dari aspek kegrafikan ini diperoleh hasil 97,2 %. Maka diperoleh nilai rata-rata kualitas buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 dari aspek kelayakan materi, bahasa, penyajian dan kegrafikan secara keseluruhan berdasarkan prosentase adalah 94 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budi Pekerti, Karakter, Buku Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2018 10:54
Last Modified: 20 Aug 2018 01:49
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item