UMSurabaya Repository

Perbedaan Kemampuan Berbahasa Antara Anak Usia 7-9 Tahun yang dididik Orang Tua dan Anak Yang dididik Saudara di Desa Angon-Angon Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep

Hidayat, Arif Kusuma (2018) Perbedaan Kemampuan Berbahasa Antara Anak Usia 7-9 Tahun yang dididik Orang Tua dan Anak Yang dididik Saudara di Desa Angon-Angon Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (208kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berbahasa terdiri atas empat aspek, yaitu kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Berbahasa menjadi perkembangan yang penting bagi anak, anak yang sering diabaikan dapat mempengaruhi kemampuaannya berbicara dan memahami bahasa. Anak harus mendapatkan perhatian yang cukup dari orang tua agar bisa dengan baik memepelajari berbahasa yang baik selain dari pendidikan di Sekolah. Tetapi bagaimana dengan Anak yang tidak mendapatkan banyak perhatian dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perbedaan keterampilan bahasa yang dimiliki oleh anak usia 7 tahun hingga 9 tahun yang diasuh oleh orang tua kandung dan anak usia 7 tahun hingga 9 tahun yang diasuh oleh saudara dari orang tua kandung. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Angon Angon Kecamatan Arjasa Kabupaten Sumenep karena peneliti menemukan data bahwa di desa ini terdapat banyaknya anak usia 7 hingga 9 tahun yang diasuh bukan oleh orang tua kandung dikarenakan orang tua nya mencari nafkah di luar negeri sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) dan TKW (Tenaga Kerja Wanita). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berbahasa pada keterampilan menyimak dan berbicara pada anak umur 7 hingga 9 tahun yang di asuh orang tua dan anak yang di asuh saudara kandung. Dengan hasil nilai tes sebesar 13,47 yang diperoleh dari anak yang diasuh orang tua dan nilai tes 11,46 yang diperoleh dari anak yang di asuh saudara orang tua kandung. Sedangkan pada Kemampuan berbahasa kategori keterampilan membaca dan menulis Anak juga terdapat perbedaan nilai skor yang di peroleh dari Anak yang diasuh oleh orang tua dengan skor perolehan rata rata 11,52 dan nilai tes keterampilan berbahasa Anak yang diperoleh dari Anak yang diasuh oleh saudara orang tua sebesar 10,88.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbahasa, Keterampilan Menyimak, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:33
Last Modified: 21 Sep 2018 03:33
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2463

Actions (login required)

View Item View Item