UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT HIV/AIDS PADA SISWA SMAN 1 KRIAN

Ulumi, Bahrul and Anis Rosyiatul Husna, S.Kep.,Ns., M.Kes and Supatmi, S.Kep., Ns., M.Kes (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP DALAM PENCEGAHAN PENYAKIT HIV/AIDS PADA SISWA SMAN 1 KRIAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (454kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SMAN 1 Krian merupakan sekolah yang sangat dekat dengan tempat lokalisasi sehingga penting untuk dilakukan pendidikan kesehatan preventif penyakit HIV/AIDS. Dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 1 Krian pada awal Semester Genap kepada 36 siswa, didapatkan 23 siswa yang berpengetahuan tentang penyakit HIV/AIDS rendah. Sehingga perlu dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap pengetahuan dan sikap dalam pencegahan penyakit hiv/aids di SMAN 1 Krian. Desain penelitian adalah one gruop pretest post test design. Populasi seluruh kelas XII sebanyak 325 siswa dengan menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Didapatkan sampel sebanyak 65 siswa dilibatkan sebagai responden. Variabel independen dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw dan variabel dependen adalah pengetahuan dan sikap. Analisa data dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat α <0,05. Hasil penelitian sebelum diberikan metode Jigsaw urutan tertinggi pada kriteria kurang sebanyak 44 responden dan urutan terendah dengan kriteria pengetahuan baik ada 3 responden. Sedangkan sesudah diberikan metode Jigsaw urutan tertinggi pada kriteria cukup sebanyak 36 responden dan urutan terendah pada kriteria kurang sebanyak 11 responden. Dengan hasil analisis variabel pengetahuan dengan uji wilcoxon (p=0,000) dan analisis variabel sikap dengan uji wilcoxon (p = 0,000) yang berarti ada pengaruh model pembelajaran terhadap pengetahuan dan sikap. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan kesehatan metode Jigsaw dapat mempengaruhi pengetahuan dan sikap. Diharapkan untuk lebih meningkatkan kesadaran diri dalam bergaul di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar agar tidak terkena penyakit hiv/aids dan tetap menambah informasi dengan cara membaca dan bertanya kepada petugas kesehatan. Kata Kunci: Pembelajaran jigsaw, pengetahuan, sikap, hiv/aids

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:17
Last Modified: 08 Nov 2017 02:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item