UMSurabaya Repository

Improving Students’ Critical Thinking of Explanation Writing Through Task-Based Learning in SMA Negeri 13 Surabaya : (A Classroom Action Research at Tenth Grade Students of SMA Negeri 13 Surabaya).

Novia, Ria (2018) Improving Students’ Critical Thinking of Explanation Writing Through Task-Based Learning in SMA Negeri 13 Surabaya : (A Classroom Action Research at Tenth Grade Students of SMA Negeri 13 Surabaya). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (844kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan strategi pembelajaran berbasis tugas untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam penulisan penjelasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana pembelajaran berbasis tugas dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada kelas sepuluh SMA Negeri 13 Surabaya. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Penelitian ini terdiri dari satu siklus dan dalam siklus terdiri dari empat langkah: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Para siswa diberi beberapa pelatihan dan tes menulis untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan kritis siswa dalam menulis teks penjelasan. Penelitian ini dilakukan selama tiga minggu di SMA Negeri 13 Surabaya. Dalam menganalisis dan mengumpulkan data menggunakan informasi dari wawancara dengan guru, observasi di kelas dan pencapaian skor siswa dalam pre-test dan post-test dalam mendukung pengumpulan data. Nilai rata-rata siswa dalam test pendahuluan adalah 40,7 untuk nilai menulis dan 36 untuk berpikir kritis siswa. Setelah pertemuan dimulai dalam siklus nilai rata-rata siswa adalah 81 untuk nilai menulis siswa dan 80 untuk nilai berpikir kritis. Dapat disimpulkan bahwa ada 80% poin penulisan siswa dan 79% siswa berpikir kritis siswa meningkat dari skor siswa dari studi awal ke hasil post test. Setelah mengetahui hasilnya, dapat disimpulkan bahwa pengajaran menulis penjelasan menggunakan pembelajaran berbasis tugas di kelas sepuluh SMA Negeri 13 Surabaya melalui eco-composition dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis tugas dalam menulis penjelasan dapat meningkatkan pemikiran kritis siswa dan kemampuan menulis mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tugas Belajar Berbasis, Eco-komposisi, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2018 13:46
Last Modified: 12 Oct 2018 06:50
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2729

Actions (login required)

View Item View Item