UMSurabaya Repository

THE EFFECTIVENESS OF WEBTOON TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT OF TENTH GRADER IN SMK PGRI 13 SURABAYA

Ratnasari, Nova (2018) THE EFFECTIVENESS OF WEBTOON TO DEVELOP STUDENTS’ WRITING SKILL IN NARRATIVE TEXT OF TENTH GRADER IN SMK PGRI 13 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (547kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Terdapat empat kecakapan utama dalam mempelajari bahasa inggris, writing, listening, reading, dan speaking. Dalam penelitian ini, peneliti hanya terfokus pada writing atau menulis teks naratif untuk siswa kelas 10 di SMK PGRI 13 Surabaya. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah webtoon. Webtoon adalah sejenis komik series yang memiliki gambar dan narasi, sehingga dapat membuat siswa lebih mudah mempelajari cara menulis teks naratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu efektifitas webtoon dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa, terutama menulis teks naratif. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dan kuisioner. Peneliti menggunakan dua kelas,yakni kelas eksperimental dan kelas kontrol. Setelah data terkumpul dan dihitung, haasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimental mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan webtoon, nilai rata-rata kelas eksperimental adalah 55 dan setelah menggunakan webtoon nilai rata-rata meningkat menjadi 69. Selain itu, berdasarkan angket respon siswa, kebanyakan siswa setuju bahwa webtoon sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mempelajari bahasa inggris, terutama kemampuan menulis atau writing skill sehingga webtoon dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam teks naratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Teks Naratif, Webtoon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 10:24
Last Modified: 12 Oct 2018 10:24
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2738

Actions (login required)

View Item View Item