Haryanti, Tining (2018) Jurnal Kualitas Jasa sebagai Mediator Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa. Nero : Networking Engineering Research Operation, 3 (3). pp. 78-84. ISSN 2355-2190
|
PDF (Jurnal Kualitas Jasa sebagai Mediator Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Peer Review)
Download (281kB) | Preview |
|
|
PDF (Cek Plagiasi)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui Kualitas Jasa sebagai Mediator Strategi Lokasi, Strategi Proses Dan Desain Jasa Terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) Gici Business School Di Kota Batam. Subyek penelitian adalah mahasiswa(i) Gici Business School Batam dari jurusan manajemen angkatan tahun 2010 sampai 2013. Responden dalam penelitian ini sebanyak 313 responden. Pengambilan sample yang digunakan menggunakan acuan Tabel Isaac dan Michael dalam [1]. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan aplikasi software Analysis Moment of Structure (AMOS) dan Special Package for Statistic Science (SPSS). Berdasarkan analisa Regression Weights hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Lokasi sebagai prediktor positif terhadapKualitas Jasa (2) Strategi Proses sebagai prediktor positif terhadap Kualitas Jasa (3) Desain Jasa sebagai prediktor positif dan significant terhadap Kualitas Jasa (4) Strategi Lokasi sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (5) Strategi Proses sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (6) Desain Jasa sebagai prediktor positif dan significan terhadap Kepuasan Mahasiswa(i) (7) Kualitas Jasa sebagai prediktor positif terhadap Kepuasan Mahasiswa(i). Variabel Desain Jasa sebagai prediktor paling besar terhadap Kualitas Jasa dengan nilai pengaruh (direct effects) 0.626 probabilitas 0,002 dan Kepuasan Pelanggan dengan total pengaruh (total effects) yaitu 0.701 diikuti oleh Variabel Strategi Proses dan Strategi Lokasi. Angka Square Multiple Correlation menunjukkan bahwa 83,9% Variabel Kualitas Jasa dipengaruhi oleh Variabel Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa, sedangkan sisanya sebesar 16,1% dijelaskan oleh Variabel lain diluar ketiga Variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan 87,1% Variabel Kepuasan Pelanggan dipengaruhi oleh Variabel Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa dan 12,9% dijelaskan oleh Variabel lain diluar ketiga Variabel yang digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian ini memberikan implikasi praktis bahwa pihak manajemen Gici Business School harus lebih menekankan agar Strategi Lokasi, Strategi Proses dan Desain Jasa tetap terjaga, karena ketiga Variabel tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan dan Desain Jasa memegang peranan yang paling besar dalam mempengaruhi Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan (mahasiswa(i)) Gici Business School. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah dapat digunakan sebagai acuan oleh pihak manajemen Gici Business School untuk meningkatkan kinerja Kualitas Jasa dan Kepuasan Pelanggan berdasarkan 20 indikatornya. Kata Kunci :Strategi Lokasi, Strategi Proses, Desain Jasa, Kepuasan Pelanggan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Teknik |
Depositing User: | Tining Haryanti |
Date Deposited: | 19 Dec 2018 08:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 07:40 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2903 |
Actions (login required)
View Item |