UMSurabaya Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS RADEN PAKU

MARETNO NINGSIH, EKA GADIS and Dra. Chusnal Ainy, M. Pd and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS RADEN PAKU. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (334kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 4)
Download (454kB) | Preview
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di MTs Raden Paku masih menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan lemahnya pemahaman siswa. Konsep, prinsip, definisi dan rumus-rumus dalam matematika diajarkan melalui pemberitahuan oleh guru kepada siswa, sehingga siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini terlihat pada kesulitan menyelesaikan soal-soal latihan yang dialami oleh siswa MTS Raden Paku kelas VII. Untuk itu, salah satu tujuan penelitian ini ingin meneliti: Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Raden Paku dengan mengambil dua kelompok sampel dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu Kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, dengan desain kelompok control nonekuivalen (Nonequivalent Control Grup Desaign). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis data diperoleh thitung = 8,921 dan ttabel = 2,060 Jadi thitung > ttabel, ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Pendekatan Reciprocal Teaching terdapat perbedaan signifikan dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian juga didapat kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran memperoleh skor 102 dengan prosentase 79,69 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk aktifitas siswa diperoleh hasil observasi aktifitas siswa sebesar 56% siswa memperoleh kriteria aktif dangan huruf B+, siswa sebesar 44% juga memperoleh kriteria baik dengan huruf B. hasil ini menunjukan guru sudah mengajar dengan baik dan siswa juga dapat aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : pembelajaran matematika, pendekatan reciprocal teaching, model pembelajaran think pair share (TPS), hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:38
Last Modified: 08 Nov 2017 07:38
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/305

Actions (login required)

View Item View Item