Fathullah, Ahmad (2018) STRATEGI GURU AL - ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMADIYAH 15 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (460kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (652kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (743kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (297kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (844kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (361kB) |
Abstract
Latar belakang Begitu penting peningkatan akhlak pada siswa, karena salah satu faktor penyebabkegagalan pendidikan Islam selama ini karena anak banyak yang kurang atau masih rendah akhlaknya. Hal ini karena kegagalan dalam menanamkan dan membina akhlak. Tidak dapat dipungkiri, bahwa munculnyatawuran, konflik dan kekerasan lainnya merupakan cerminketidakberdayaansistem pendidikan di negeri ini, khususnya akhlak. Ketidak berdayaansistem pendidikan agama di Indonesia karena Al-Islam selama ini hanya menekankan kepada proses pentransferan ilmu kepada siswa saja, belum pada proses transformasi nilai-nilai luhurkeagamaan kepada siswa, untuk membimbingnya agar menjadi manusia yang berkepribadiankuat dan berakhlakmulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Peranan Guru Pendidikan Akhlak Siswa, Strategi Guru Al - Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa, Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas IX Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 15 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kegiatan pembinaan akhlak yang dilakukan guru yaitu, Sholat Malam, Tahfid Qur’an. dan Sholat Dhuhur Berjama‟ah.Strategi Pembelajarn Guru PAI menggunakan strategi inquiri, Pendekatan terhadap anak guru menggunakan berbagai metode diantaranya adalah metode ceramah, metode pembiasaan, metode konseling. Faktor Pendukung: (a) Faktor keluarga ataupun orang tua yang sangat berperanaktifikut membina akhlak siswa. (b) Lingkungan atau masyarakat sekitar sekolah. (c) Lingkungan sekitar tempat tinggal siswa yang masih kental dengan hal-hal keagamaan. (d) Tata tertib sekolah untuk menghambatkenakalan siswa. Faktor Penghambat: (a) Waktunya tidak cukup untuk membina akhlak siswa yang sebanyak itu. (b) Terbatasnya pengawasan pihak sekolah. (c) Sikap dan perilaku siswa yang beragam. (d) Pergaulan siswa yang tidak dapat dikontrol. (e) Kurangnya kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan yang diwajibkan oleh sekolah. (f) Sarana dan prasarana yang kurang mendukung (g) Maraknya perkembangan informasi jaman sekarang. Kata Kunci : Peranan, Strategi, Pendidikan Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 02:56 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3133 |
Actions (login required)
View Item |