UMSurabaya Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Faradita, Meirza Nanda (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar, 1 (2b). pp. 186-192. ISSN P-ISSN: 2581-1800 dan E-ISSN: 2597-4122.

[img]
Preview
PDF (Peer review else new)
Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Plagiasi else new)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Jurnal else new)
Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran IPA pada umumnya hanya dilakukan dengan ceramah dan pemberian tugas berupa soal latihan kepada siswa, sehingga kegiatan pembelajaran IPA tidak berjalan dengan maksimal dan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran yang diduga berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe course review horay terhadap motivasi belajar siswa Mata Pelajaran IPA di sekolah dasar. Rancangan penelitian ini jenis kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest– posttest design. Data dikumpulkan dengan instrument kuesioner dan dianalisa dengan uji paired t test. Hasil uji paired t test menunjukkan bahwa nilai ρ kedua kelompok = 0,000, dengan α = 0,05. Hasil ini menunjukkan nilai ρ < α berarti ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horray terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Menurut nilai thitung menunjukkan nilai thitung kelompok eksperimen = 8,074 dan nilai thitung kelompok kontrol = 5,037, pada tabel diatas didapatkan nilai df = 29 maka nilai ttabel dengan df = 29 dan α = 0,05 adalah 1.699. Hal ini menunjukkan nilai thitung kedua kelompok lebih besar dari nilai ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima berarti dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh motivasi yang berbeda dibanding model pembelajaran konvensional yang diterapkan pada kelas kontrol. Pengaruh motivasi belajar terlihat dari hasil pretest dan posttest yang diisi oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan sebesar 37,6% model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, Motivasi Belajar, IPA IPA learning activities performed only by granting the form of lectures and question practice to students, so that the learning activities of the IPA does not run with optimal and students active in learning activities that are thought to affect the learning motivation of students. Research objectives to describe the influence of Cooperative learning model course review type horay against motivation learn in Maple IPA in elementary school. This type of research design quasy experimental non equivalent pretest-posttest type design. Data collected by questionnaire instrument and analyzed with paired t test test. Test results-test paired t test showed that the value of ρ = 0.000 both groups, with α = 0.05. These results demonstrate the value of ρ < α means there is the influence of cooperative learning model Course Review type Horray against motivation learn in natural science subjects. According to the value of tcount indicates the value of the experimental groups tcount = 8.074 and value tcount = 5.037 control group, in the table above obtained value of df = 29 then ttabel value with df = 29 and α = 0.005 is 1.699. This shows the value of the second tcount of the group is greater than the value of ttabel so that H0 is rejected and accepted means H1 can be said there the influence of cooperative learning model Course Review type Horay against motivation learn in natural science subjects. Cooperative learning model Course Review type Horay (CRH) is applied to the experimental classeshave a different motivation than the improvement model of conventional learning are applied on the class of the control. Increase the motivation of learning seen from the results of a pretest and posttest are filled by student Key Words: Cooperative Learning type Course Review Horay , Learning Motivation, Natural Science

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: MEIRZA NANDA FARADITA
Date Deposited: 28 Mar 2019 01:38
Last Modified: 29 Mar 2019 03:10
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item