UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK AL-IRSYAD SURABAYA

Badriyah, Badriyah and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Soffan Shoffa, S.Pd., M.Pd. (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK AL-IRSYAD SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (749kB) | Preview
[img] PDF (Bab I)
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)
[img] PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Al-Irsyad Surabaya. Penelitian ini termasuk pada penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian adalah kelas X F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X F2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pada uji t-Test terlihat bahwa nilai t_tabel dengan taraf signifikan kedua kelas tersebut 0,05 adalah 3,97. Dengan nilai kritis t untuk taraf nyata 0,05 dan df =78 adalah 1,67. Karena t_tabel= 1,67 ≤ t_hitung= 3,97, maka H_(0 )ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor tes akhir antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD) berpegaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan positif hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Spontaneous Group Discussion (SGD), hasil belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:47
Last Modified: 28 Sep 2017 04:09
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item