Rahmawati, Diar and Dr. Iis Holisin, M.Pd. and Febriana Kristanti, S.Si., M.Si. (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE REVERSE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP WACHID HASYIM 1 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (798kB) | Preview |
|
PDF (Bab I)
Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
PDF (Bab III)
Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
PDF (bab V)
Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah guru banyak memberikan ceramah tentang materi sehingga menjadikan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, akibatnya rata-rata hasil belajar siswa kelas VII-A dibawah KKM serta rasa ingin tahu belajar matematika masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika dengan model pembelajaran reverse jigsaw pada siswa kelas VII-A SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian one-shot case study. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A. Waktu dan tempat penelitian ini pada semester genap tahun ajaran 2015/206 di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Data yang diperoleh adalah ketuntasan hasil belajar siswa dengan teknik tes, data aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikumpulkan dengan teknik observasi, dan data respon siswa dikumpulkan dengan teknik angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase, rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran reverse jigsaw efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII-A di SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. Hal ini ditunjukkan sebagai berikut (1) ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 86,11% dari seluruh siswa telah mencapai KKM atau ketuntasan secara individu (2) tujuh dari delapan aktivitas siswa dalam rentang waktu ideal; (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dilakukan dengan sangat baik dengan rata-rata mencapai 3,4; (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran reverse jigsaw positif. Kata Kunci: efektivitas pembelajaran, one-shot case study, reverse jigsaw.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 05:06 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 03:39 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/35 |
Actions (login required)
View Item |