Harianto, Hadi (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Materi Trigonometri Untuk SMA Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (753kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (154kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (280kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (498kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (156kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKS dengan pendekatan kontekstual pada materi trigonometri untuk SMA kelas X sesuai dengan kurikulum 2013. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model 4D yang dibatasi sampai 3 tahap yaitu meliputi define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis awal-akhir; b) analisis siswa; c) analisis konsep; d) analisis tugas; dan e) perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design terdiri dari: a) perancangan RPP; b) perancangan LKS; c) perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian perangkat pembelajaran. Pada tahap develop terdiri dari: a) validasi perangkat pembelajaran oleh ahli materi, ahli media, dan guru matematika; b) uji coba; dan c) tes evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru matematika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata total 87,79% untuk RPP dan 86,52% untuk LKS. Berdasarkan pada hasil pengisian angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria kepraktisan sangat kuat dalam penggunaannya dengan persentase rata-rata total 90,93%. Sedangkan, berdasarkan pada hasil tes evaluasi hasil belajar dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki tingkat keefektifan yang sangat baik dengan persentase ketuntasan mencapai 89,29%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontekstual, Perangkat Pembelajaran, Trigonometri |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 09 Aug 2019 04:31 |
Last Modified: | 09 Aug 2019 04:31 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3515 |
Actions (login required)
View Item |