Maro’ah, Siti
(2016)
PEMASARAN PRODUK OLAHAN IKAN LAUT UKM KENJERAN SURABAYA
BERBASIS MARKETING MIX SYARIAH.
Universitas 17 Agustus, Surabaya, pp. 1315-1327.
ISBN 978-602-422-196-6
Abstract
Keunggulan pemasaran dapat dicapai dengan memperhatikan 7 (tujuh)
variabel “Marketing Mix” yang terdiri dari Product, Price, Place (distibution),
Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Mengingat 87,18% penduduk
Indonesia memeluk agama Islam (Shaw, 2006) maka sangat relevan bila diterapkan
model Marketing Mix Syariah. Melalui Marketing Mix Syariah seluruh proses, baik
proses penciptaan, penawaran maupun perubahan nilai (value), tidak boleh
bertentangan dengan akad dan prinsip muamalah yang Islami.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk olahan ikan laut UKM Kenjeran
Surabaya tergantung dari hasil tangkapan nelayan baik secara kuantitas maupun
kualitas. Penetapan harga sesuai dengan kesepakatan antara penjual-pembeli, dan
tidak ada unsur riba. Distribusi pemasaran produk dipasarkan di daerah sekitar dan
melayani pesanan. Promosi dilaksanakan melalui pameran ketika di kelurahan atau
di lingkungan RT/RW menyelenggarakan hajatan. Layanan pemasaran sewajarnya,
disertai salam, sapa, senyum, sopan, dan santun. Proses pemasaran secara
konvensional belum memperhatikan kemasan produk yang menarik dan merek
(brand) yang dapat dikenal masyarakat lebih luas. Bukti fisik pemasaran masih
digunakan pencatatan sederhana dan seadanya.
Kata kunci: UKM, Pemasaran Produk, Marketing Mix Syariah.
Actions (login required)
|
View Item |