Maro’ah, Siti
(2008)
PERAN ‘DUAL IDENTITY’ DALAM KEANGGOTAAN KOPERASI.
Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal , 05 (01).
ISSN 1693-9352
Abstract
Dalam organisasi koperasi, anggota berstatus sebagai pemilik
sekaligus sebagai pelanggan (dual identity) maka konsekuensinya harus
berperan aktif dalam keusahaan, kepengurusan, dan keanggotaan agar
dapat dicapai tujuan promosi anggota.
Koperasi sebagai organisasi ekonomi berwatak sosial yang
mendasarkan pengelolaan usahanya secara demokratis, diwujudkan melalui
kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan ketika mengelola usahanya.
Oleh karena itu koperasi dikenal sebagai badan usaha yang memiliki ciri:
dari, oleh, untuk anggota
Dalam hubungan kausalitas antara partisipasi kontribusi dan
partisipasi insentif maka :(a). Anggota akan terdorong untuk lebih
berpartisipasi apabila pengurus menunjukkan prestasi kerja yang
memuaskan pada anggota, (b). Pengurus akan dapat bekerja maksimal
apabila anggota makin sadar dalam memberi kontribusi kepada koperasi,
baik kontribusi moral maupun material.
Actions (login required)
|
View Item |