UMSurabaya Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Smart Solution Pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V B SDN Watugolong II

Larantuka, Sri (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Smart Solution Pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V B SDN Watugolong II. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (373kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Adanya permasalahan yang perlu diatasi pada siswa kelas V B SDN Watugolong II, maka guru harus merubah keaktifan siswa dengan adanya timbal balik antara guru dan siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berbagai macam metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah smart solution, salah satu metode pembelajaran yang memiliki manfaat agar tujuan pembelajaran tercapai melalui kegiatan belajar kelompok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V B SDN WATUGOLONG II Krian-Sidoarjo Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dua siklus tindakan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan teknik pengumpulan data, metode tes, metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas V B SDN WATUGOLONG II Krian-Sidoarjo setelah dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif dengan smart solution pada materi KPK dan FPB dapat ditingkatkan. Data prasiklus siswa merupakan data hasil belajar yang diperoleh peneliti dengan menggunakan data nilai Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil kelas V B SDN Watugolong II pada tahun ajaran 2016/2017 yakni nilai UTS Ganjil 36,00% setelah diterapkannya model pembelajaran pada aspek kognitif siklus I 60% setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 80% tuntas. Aktivitas guru RPP-1 pada siklus I kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh jumlah persentase 80,17% dengan kriteria baik, RPP-2 pada siklus II kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh persentase 96,55% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa aspek afektif sebesar 40% pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 72%. Aktivitas siswa aspek psikomotor sebesar 32% pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 76%. Respon siswa kelas V B SDN WATUGOLONG II yang menjawab Sangat Setuju + Setuju ≥ 70% maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran kooperatif dengan smart solution. Hal ini sudah memenuhi indikator keberhasilan penelitian siswa kelas V B SDN Watugolong II dan hasil belajar siswa kelas V B SDN Watugolong II dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif dengan smart solution pada materi KPK dan FPB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Smart Solution, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:25
Last Modified: 20 Aug 2019 09:25
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3560

Actions (login required)

View Item View Item