UMSurabaya Repository

Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian

Wafah, Umi Najatul (2017) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3 )
Download (651kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (61MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning di SMP Bilingual Terpadu Krian. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen yaitu jenis Quasi Eksperiment (eksperimen semu) karena kelas kontrol tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Dengan subjek penelitiannya adalah model Problem Based Learning (X1) dan Discovery Learning (X2) sebagai variabel bebas, hasil belajar matematika siswa sebagai variabel terikat (Y). Berdasarkan hasil penilitan didapatkan tidak ada perbedaan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning pada siswa kelas VII di SMP Bilingual Terpadu Krian. Hal ini dibuktikan dengan Uji hipotesis atau uji t pada KD 1 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kedua kelas jika dilihat dari thitung = 1,030 dan ttabel=1,667 jadi thitung < ttabel, ini berarti H0 diterima. Sehingga pada KD 1 dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh tidak ada perbedaan secara signifikan diantara kelas yang dibandingkan. KD 2, menunjukkan bahwa thitung = 0,287 dan ttabel = 1,667 jadi thitung < ttabel, ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, hasil belajar; problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Aug 2019 09:45
Last Modified: 21 Aug 2019 07:32
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item