WINARTI, WINARTI (2019) PENERAPAN FINGER PAINTING ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 06 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (820kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (294kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (358kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (405kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (185kB) |
Abstract
Kreativitas sangat penting dikembangkan pada anak sejak usia dini untuk persiapan kehidupan di masa dewasanya. Anak yang kreatif selalu mencari dan menemukan jawaban dalam memecahkan masalah, selalu terbuka terhadap sesuatu yang baru dan tidak diketahui sebelumnya, serta memiliki sikap yang lentur, suka mengekspresikan diri dan bersikap natural. Observasi awal penulis di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya kreativitas yang masih rendah pada anak usia 4-5 tahun. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan finger painting pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya, 2) Mendeskripsikan penerapan finger painting pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya, 3)Mendeskripsikan hasil kreativitas penerapan finger painting pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dijabarkan berupa kata-kata secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui pengamatan, wawancara, atau penelaahan dokumen. Subjek penelitian yang diambil secara total sampling di kelas A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya sebanyak 15 anak yang berusia 4-5 tahun. Objek penelitian adalah kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Hasil penelitian Hasil kreativitas penerapan finger painting pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya sudah berkembang dengan baik, dapat dilihat dari jumlah seluruh anak yang diobservasi sebagian anak sudah mampu mengembangkan kreativitas dengan baik. Ada 11 anak yang bekembang sesuai harapan dalam kreativitas melalui kegiatan finger painting, ada 4 anak yang mulai berkembang dalam menunjukkan kreativitas ketika melakukan kegiatan finger painting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, finger painting, kreativitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 08:40 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 08:40 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3772 |
Actions (login required)
View Item |