Wulandari, Titik (2019) Pengembangan Macromedia Flash Materi Sistem Ekskresi dalam Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (407kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (444kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Macromedia Flash dalam Model Pembelajaran Jigsaw pada Materi Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan, dkk (1974), meliputi Define (Pedefinisian), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), dan Dessiminate (Penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop (Pengembangan). Populasi penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Wringinanom kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa masing-masing kelas terdiri dari 37 siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui uji validasi, pre test, post test, lembar observasi keterampilan komunikasi, angket aktivitas dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan macromedia flash dalam model pembelajaran jigsaw pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan penguasaan konsep siswa SMAN 1 Wringinanom Gresik. Berdasarkan hasil uji validasi/kelayakan oleh pakar ahli media mendapatkan persentase 81,7 % (Valid). Uji validasi/kelayakan oleh pakar ahli materi mendapatkan persentase 84.2 % (Valid). Keterampilan komunikasi pada aspek presentasi dan aspek menulis sama-sama mencapai total rata-rata presentase 89.17 %. Hasil rata-rata N-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen diperoleh nilai 0.43 berkategori sedang. Sedangkan hasil rata-rata N-Gain penguasaan konsep kelas kontrol diperoleh nilai 0.07 berkategori rendah. Berdasarkan angket aktivitas siswa mendapatkan skor 3,94 (baik) dan respon siswa mendapatkan nilai rata-rata persentase dengan pilihan jawaban ya sebesar 76.7 % dan persentase dengan pilihan jawaban tidak sebesar 15.4 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Macromedia Flash, Jigsaw, Keterampilan Komunikasi, Penguasaan Konsep |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 15:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 15:37 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3960 |
Actions (login required)
View Item |