Listiana, Lina
(2017)
Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Biologi
Melalui Strategi Pembelajaran GITTW dalam Perkuliahan
Anatomi dan Fisiologi Tubuh Manusia.
In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya Ke-3 tahun 2017, Aula FMIPA Universitas Negeri Medan.
Abstract
Pengembangan dan penguasaan sikap ilmiah mahasiswa merupakan salah satu bagian penting dari
sebuah pembelajaran. Kondisi perkuliahan selama ini lebih menitikberatkan penguasaan konsep, sementara
pengembangan sikap ilmiah menjadi cenderung terabaikan. Hal ini terlihat dari beberapa kategori sikap
ilmiah mahasiswa seperti sikap ingin tahu, sikap refleksi kritis, sikap ketekunan dan sikap open minded serta
kerjasama yang belum berkembang dengan baik. Pengembangan dan penguasaan sikap ilmiah menjadi salah
satu tujuan penting dalam perkuliahan Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia pada Program Studi Pendidikan
Biologi FKIP UMSurabaya. Peningkatan sikap ilmiah mahasiswa selama proses pembelajaran akan
berimplikasi pada hasil belajar kognitif mahasiswa. Sikap ilmiah mahasiswa dapat ditingkatkan dengan
penciptaan proses pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa dapat menggali dan meningkatkan sikap
ilmiahnya. Salah satu alternative strategi pembelajaran yang berpotensi untuk meningkatkan sikap ilmiah
mahasiswa yaitu strategi GITTW (Group Investigatiaon dipadu Think Talk Write). Melalui sintaks strategi
ini mahasiswa dituntut untuk terampil dalam mengobservasi fenomena, mampu memecahkan masalah,
dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, bersikap ingin tahu, tekun serta bekerjasama dalam kelompok.
Actions (login required)
|
View Item |