Mawaddatunnadila, Siska (2020) Hubungan Faktor Pelayanan Internal Kefarmasian dengan Tingkat Kepuasan Pasien Klinik Spesialis Anak di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 7)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendahuluan : Kesehatan dan kesejahteraan hidup yang memadai merupakan hak asasi manusia yang telah diakui oleh seluruh dunia. Indonesia telah menyetujui hal ini dibuktikan dengan adanya UU No.36 tahun 2009. Rumah sakit adalah salah satu pelayanan kesehatan masyarakat yang memiliki fasilitas instalasi farmasi, rawat inap rawat jalan, dan sebagainya. Tujuan : Mengetahui karakteristik pasien klinik spesialis anak serta mengetahui hubungan faktor pelayanan internal kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien klinik spesialis anak di Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien klinik spesialis anak Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Instrumen yang digunakan adalah pengambilan data primer yaitu menyebar lembar kuesioner pada responden.Data yang didapat pada penelitian ini dianalisis dengan korelasi pearson. Hasil : Terdapat hubungan yang signifikan antara faktor pelayanan internal kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di klinik spesialis anak Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan dimana nilai p-value (0,000) dibawah α (0,05). Kesimpulan : Responden dari pasien klinik spesialis anak yang mengambil obat di instalasi farmasi mayoritas wanita berusia 21-30 tahun, dengan latar belakang pendidikan terakhir SMA, menggunakan pembiayaan umum, serta mendapatkan jenis obat jadi dan racikan. Pada analisis korelasi, didapatkan hubungan yang signifikan antara faktor internal kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di klinik Spesialis Anak Rumah Sakit Aisyiyah Siti Fatimah Tulangan. Faktor pelayanan internal kefarmasian yang memiliki nilai paling tinggi yaiu sarana prasarana, sedangkan faktor lain berupa sumber daya manusia dan proses tidak terdapat hubungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pasien, faktor internal farmasi, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services |
Divisions: | 05. Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 13:47 |
Last Modified: | 02 Sep 2020 13:53 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4338 |
Actions (login required)
View Item |