Hasanah, Uswatun and Wulandari, Ayu and Qomaria, Nurul and Amiliyah, Santi Stimulasi aspek dan tugas perkembangan remaja melalui terapi Kelompok Terapeutik dan Psikoedukasi keluarga. Fakultas Ilmu Kesehatan.
|
PDF (Laporan Penelitian)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan pada masa remaja seringkali dihubungkan dengan periode yang penuh dengan tantangan. Oleh sebab remaja dituntut untuk menyelesaikan tugas perkembangan identitas diri agar mampu mencapai kepuasan, kebahagiaan dan memiliki identitas diri yang positif. Tujuan penulisan ini yaitu mrnggambarkan perbandingan peningkatan aspek perkembangan identitas diri remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan remaja yang memperoleh terapi kelompok terapeutik dan psikoedukasi keluarga. Terapi Kelompok Terapeutik merupakan terapi spesialis keperawatan jiwa yang dapat meningkatkan potensi dan mengembangkan kualitas antar anggota kelompok dalam mengatasi masalah kesehatan dalam menstimulasi pencapaian identitas diri remaja. Klien terdiri dari empat remaja dengan rentang usia 13-14 tahun dan mendapatkan terapi kelompok terapeutik. Hasil evaluasi menunjukkan terjadi peningkatan aspek dan tugas perkembangan remaja dengan nilai pencapaian maksimal pada remaja. Proses analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan model stres adaptasi Stuart. Rekomendasi laporan kasus ini dapat dijadikan sebagai standar dalam stimulasi perkembangan dan pencapaian tugas pekembagan identitas diri remaja, dapat disosialisasikan dan dilaksanakan pada tatanan pelayanan kesehatan jiwa komunitas. Kata Kunci : Identitas Diri, Remaja, Stres Adaptasi, Stuart
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas Diri, Remaja, Stres Adaptasi, Stuart |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Laporan Penelitian |
Depositing User: | DEDE NASRULLAH NASRULLAH |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 05:58 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 05:58 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4410 |
Actions (login required)
View Item |