JAUHARI, MUH. (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DALAM PERSPEKTIF KITAB AL-MUSTAFAD MIN QOSHOSH AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL QUR’AN KOTA MOJOKERTO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (390kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (207kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (356kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (171kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi krisis moral yang justru banyak terjadi di lembaga Pendidikan Indonesia. Pendidikan karakter santri mengedepankan kualitas akademik dan kepribadian yang berlandaskan pada al-Qur’an dan al-Hadits. Pondok Pesantren merupakan tempat pendidikan yang mengajarkan sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter santri, implementasi pendidikan karakter santri dan implikasi pendidikan karakter santri dalam perspektif kitab al-Mustafad Min Qoshosh al-Qur’an di Pondok Pesantren Manbaul Qur’an Kota Mojokerto dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan etnografi sebagai variannya. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model Pendidikan Karakter meliputi 6 hal, yaitu keteladanan, latihan dan pembiasaan, mendidik melalui mengambil pelajaran dari Qoshosh al-Qur’an, mendidik melalui nasehat, mendidik melalui kedisiplinan, dan mendidik melalui Targhib dan Tarhib, (2) Nilai-nilai karakter yang ditanamkan adalah: Al-Taqwa (taqwa kepada Allah), Al-I’timad ala al-nafs (Kemandirian), Al-Shidqu (Kejujuran), Al-Intidzam (Disiplin), Al-Khollaq (Kreatif), Al-Ijtima’iyah (Peduli Sosial), Al-Tasamuh (toleransi), Al-Hirshu (Rasa ingin tahu), Al- Muwajahah/Al-Ittishol (Bersahabat/Komzunikatif) dan Al-Amanah (Tanggung jawab), (3) Implementasi dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar (KBM), rutinitas keagamaan, dan kegiatan ekstrakurikuler, (4) Implikasi pendidikan karakter memberikan dampak pertama, terhadap peningkatan kepribadian santri yang lebih baik, kedua, memberi dampak pada peningkatan prestasi santri (5) Faktor penghambat : keterbatasan sarana dan prasarana, usia dan kesadaran para santri yang berbeda-beda serta lemahnya jiwa (ruh) seorang pendidik dalam memberi suri tauladan. Faktor pendukung: niat yang tinggi dalam mencari ilmu dan menghafal al-Qur’an, motivasi dan dukungan dari orangtua, ketulusan dan keikhlasan pengasuh meningkatkan kualitas spriritual dengan memperbanyak sholat tahajud, tilawah al-Qur’an dan do’a, serta meningkatkan taqarub kepada Allah SWT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan, Karakter, Santri, Implementasi, Implikasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 13:51 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 13:51 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4642 |
Actions (login required)
View Item |