Ulfa, Maria (2018) Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Kauny Quantum Memory Pada Mata Pelajaran Al-Islam Kelas XII IPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam Menghafal Al-Qur’an terdapat Berbagai macam metode yang digunakan, akan tetapi dampak dari menghafal tersebut yang sering kali menjadi bahan evalusi, apakah hafalan yang dihafal tahan lama atau hanya ingat beberapa saat saja. Salah satu metode menghafal al-Qur’an yaitu metode Kauny Quantum Memory yang melatih menghafal tanpa harus banyak berpikir dan menjadikan hafalan tahan lama untuk diingat. Menghafal dengan membuat ilustrasi dan menggunakan otak kanan adalah salah satu cara menghafal yang akan bertahan lama tersimpan di memory. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dalam dua siklus serta teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wwancara dengan guru Al-Islam kelas XII IPA 2, dokumentasi, tes dan angket pada peserta didik. Dari hasil penelitian, proses pembelajaran menggunakan metode Kauny Quantum Memory pada mata pelajaran Al-Islam materi Hidup Inklusif menurut Al-Qur’an adalah Adanya peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Islam kelas XII IPA 2 setelah diterapkannya metode Kauny Quantum Memory, dapat dilihat pada Pra siklus siswa mendapatkan nilai 65,93% dengan kategori Cukup, pada siklus I mengalami peningkatan nilai yang diperoleh 71,87% dengan kategori Baik, pada Siklus II mengalami peningkatan nilai yang diperoleh 72,81% dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat 10% dengan memperoleh nilai rata rata 82,81 dalam kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menghafal Al-Qur’an, Metode Kauny Quantum Memory |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 10:42 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 10:42 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4674 |
Actions (login required)
View Item |