UMSurabaya Repository

Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al– Islam Kelas VIII C di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

Fatiro, Rizki Aulidia (2018) Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al– Islam Kelas VIII C di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tidak semua siswa bisa mudah memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ada sebagian siswa sudah memahami materi pelajaran dan sebagian lagi belum bisa memahaminya. Hal ini terjadi karena guru lebih sering melakukan pembelajaran secara konvensional yang bersifat monoton sehingga siswa cenderung bosan dengan cara guru mengajarkan berbagai materi pelajaran. Berdasarkan pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut : 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VIII C pada mata pelajaran PAI ? 2) Bagaimana Implementasi Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al - Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya ? dan 3) Bagaimana Dinamika dalam mengimplementasikan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan Teknik Analisis data menggunakan Deskripstif Kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1). Siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surabaya mengalami peningkatan terhadap hasil belajarnya, terbukti dengan hasil nilai akhir siswa yang sudah mencapai KKM dan tidak ada nilai yang berada dibawah KKM. 2) Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar yang di lakukan oleh guru PAI kelas VIII C sejak pertengahan semester genap sudah berjalan baik dan maksimal, dan 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode tutor sebaya adalah siswa bias semakin akrab dengan guru dan teman sebayanya, minat belajar siswa yang semakin meningkat dan siswa dan guru lebih mudah berinteraksi ketika di kelas sehingga siswa juga mudah menerima materi pembelajaran. Adapun faktor penghambatnya adalah siswa cenderung kurang menaati aturan yangdiberikan guru terutama dalam hal pembagian anggota kelompok, pembelajaran menjadi kurang kondusif apabila guru kurang mengkontrol dan siswa yang ditunjuk sebagai tutor terkadang masih kurang percaya diri bahwa mereka mampu untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya dan Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Oct 2020 11:42
Last Modified: 20 Oct 2020 11:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item