Suhadi, Suhadi (2018) Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al Islam Kelas XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 7 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (3MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya setiap guru dianjurkan memiliki kreativitas masing-masing dalam proses pembelajarannya,agar peserta didik tidak merasa jenuh ketika proses pembelajaran.Melihat kreativitas yang dimiliki oleh setiap guru di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya maka penulis tertarik untuk mengupas lebih dalam tentang betapa pentingnya mengembangkan kreativitas guru Al-Islam dalam proses belajar agar siswa tertarik pada pelajaran Al-Islam.Karena dengan mengembangkan kreativitas guru setidaknya siswa dapat bersemangat dan termotivasi dalam belajar Al-Islam.Berangkat dari latar belakang maka untuk rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana kreativivtas guru Al-Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya, (2) Bagaimana dampak kreativitas guru Al-Islam terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data,penulis menggunakan metode observasi interview dan dokumentasi.Sedangkan untuk analisisnya,penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Selain itu,untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan,disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwasannya (1) Kreativitas guru Al-Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-Islam adalah dengan menggunakan model-model pembelajaran yang menyenangkan,menggunakan model pembelajaran dengan memberikan contoh tindakan dan sikap serta memberikan keteladanan (demonstrasi), dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar baik di kelas maupun diluar kelas. Kemudian upaya mengembangkan kreativitas guru dalam mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-Islam di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya adalah dengan pemantauan pembiasaan siswa dalam setiap kegiatan didalam kelas maupun diluar kelas untuk mengetahui bentuk-bentuk motivasi belajar siswa,mengikuti pelatihan strategi pembelajaran,PTK dan TI. (2) Dampak dari kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Al-Islam adalah siswa merasa senang pada pelajaran Al-Islam ,siswa mudah memahami materi yang sudah disampaiakn,siswa aktif didalam kelas, kemajuan siswa pada bidang ibadah dan kemajuan siswa pada bidang pola berfikir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 13:20 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 13:20 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4696 |
Actions (login required)
View Item |