Khoiriyati, Tri (2018) Implementasi Media Digital “yukBlajar.com” dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada PAI dan Budi Pekerti Kelas 7C SMPI Al Azhar 13 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi media digital “yukBlajar.com” dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas 7C SMPI Al Azhar 13 Surabaya. Media “yukBlajar.com” telah digunakan di SMPI Al Azhar 13 Surabaya mulai tahun 2017. Penggunaan media ini diklaim memiliki banyak kelebihan, salah satunya memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Namun masih ada beberapa guru yang belum terampil menggunakan media “yukBlajar.com” sehingga siswa kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi media digital “yukBlajar.com”, peningkatan motivasi belajar siswa, serta kelebihan dan kekurangannya. Rumusan masalah dari skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi media digital “yukBlajar.com”. 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada PAI dan Budi Pekerti kelas 7C SMPI Al Azhar 13 Surabaya. 3) Apa kelebihan dan kekurangan dari implementasi media digital “yukBlajar.com”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, kemudian teknik pengecekan keabsahan data, selanjutnya dianalisis. Dari hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi media digital “yukBlajar.com” diawali penjelasan peta konsep, kemudian siswa mempelajari materi dalam “yukBlajar.com” dan memainkan permainan quizzes/quizlet.live; 2) Media digital “yukBlajar.com” memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7C. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata hasil angket siswa yang setuju dengan pernyataan positif sebesar 66,66 %, setuju dengan pernyataan negatif sebesar 13,33 %, dan pernyataan dengan jawaban kurang tepat sebesar 20 % dan termasuk dalam kriteria “Baik”; 3) Kelebihan dari penggunaan media “yukBlajar.com” membuat proses pembelajaran lebih interaktif, siswa aktif belajar sendiri, tidak membosankan, dan dapat menilai sikap siswa. Sedangkan kekurangan dari media ini adalah harus ada pengawasan guru dan tergantung pada kemampuan penguasaan kelas serta kreativitas guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Digital, “yukBlajar.com”, Motivasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 13:32 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 13:32 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4697 |
Actions (login required)
View Item |