EDISON, MUSLIM (2020) KONSEP DASAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (780kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (623kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (595kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (880kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (522kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (355kB) |
Abstract
Latarbelakang penelitian ini adanya tuntutan sumber daya manusia berkwalitas, berwawasan luas, berdedikasi tinggi, berintegritas, kapabel dalam keilmuannya, berkarakter muslim kuat, mampu mengendalikan diri dari pengaruh budaya permisif dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana Konsep Dasar Pendidikan karakter, (2) Bagaimana Konsep Dasar Pendidikan Karakter dalam Islam, (3) Bagaimana ImplementasiKonsep dasar Pendidikan Karakter dalam Islam?. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Library Research methode (methode riset kepustakaan/literasi). Metode pengumpulan data dilakukan dengan tahapan menghimpun atau mencari literatur yang berkaitan dengan obyek penelitian, mengklasifikasi buku berdasarkan content atau jenisnya, mengutip data/teori atau konsep lengkap dengan sumbernya, mengecek/melakukan konfirmasi atau cross check data/teori dari sumber dengan sumber lainnya, mengelompokkan data berdasarkan out line/sistematika penelitian. Penulis menggunakan teknik content analyze (analisis isi) dengan melakukan telaah ayat-ayat dan hadits yang berkaitan dengan Konsep dasar Pendidikan karakter dalam Islam, mengelompokkannya berdasarkan sub tema, antara lain: (1)Konsep Dasar Pendidikan karakter, (2) Konsep dasarPendidikanKarakter dalam Islam, (3) Implementasinya. Penulis dapat simpulkan (1) Konsep dasar pendidikan karakter dalam Islamadalah upaya penanaman kecerdasan kepada anak didik dalam berpikir, bersikap, berperilaku sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan tuhannya, diri sendiri, antar sesama, dan lingkungannya sebagai manifestasi hamba dan khalifah Allah dibumi. 2. Pendidikan karakter Islam merupakan misi utama Rasulullah Muhammad SAW dari awal menegaskan bahwa dirinya diutus untuk menyempurnakan kepribadian, karakter atau akhlaq manusia. Sifat Rasulullah Muhammad SAW yang harus menjadi dasar pendidikan Islam agar menjadi jati diri yang berkepribadian mulia sebagai berikut : Shiddiq, Amanah, Tabligh, Fathonah.3. Dalam implementasi pendidikan karakter yang merupakan proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan satuan pendidikan (sekolah), lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, langkah dasar awal yang dilakukan pada peserta didik, agar peserta didik : mengetahui kebaikan (Ta’riful-khair), mencintai kebaikan (Hubbul-luthfi),melakukan kebaikan (Af’aalul-jayyidan).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep dasar, Pendidikankarakter,Islam, Proses belajar mengajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 12:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 12:02 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4708 |
Actions (login required)
View Item |