ASTUTIK, LIA (2018) PROSES EMPATI DALAM CERITA ANAK THE FIVE SMART GIRLS KARYA NAJMA ALYA JASMINE DAN LILI DAN LYLIU KARYA QUEEN AURA (KAJIAN PSIKOLOGI SOSIAL DAVIS). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (205kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (320kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (101kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (472kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (94kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Dewasa ini, sikap empati di sekeliling kita semakin rendah. Artinya, penanaman nilai sosial kepada masyarakat, khususnya anak masih rendah. Salah satu usaha untuk penanaman nilai sosial anak adalah melalui pendidikan karakter, baik di keluarga sebagai pendidikan nonformal maupun sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Sastra anak berperan penting bagi anak, khususnya dalam perkembangan kognisi, emosi, bahkan keterampilan anak. Salah satu gambaran kehidupan yang termuat dalam sastra anak adalah aspek empati. Fokus penelitian ini adalah proses empati dalam cerita anak The Five Smart Girls, karya Najma Alya Jasmine dan Lili Dan Lyliu, karya Queen Aura (Kajian Psikologi Sosial Davis) meliputi aspek antecedents, processes, intrapersonal outcomes dan interpersonal outcomes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini meliputi potongan teks cerita yang dideskripsikan berdasarkan aspek yang diteliti, yaitu proses empati dalam cerita anak The Five Smart Girls, karya Najma Alya Jasmine (2014) dan Lili dan Lyliu, karya Queen Aura (2016). Berdasarkan hasil penelitian, cerita anak yang termuat dalam KKPK berjudul The Five Smart Girls, karya Najma Alya Jasmine (2014) dan Lili dan Lyliu, karya Queen Aura (2016) memuat proses empati berdasarkan kajian Psikologi Sosial Davis. Maka dari itu, kedua cerita anak ini cocok dikonsumsi anak-anak sebagai bahan pembelajaran pendidikan karakter sosial empati.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sastra Anak, Proses Empati Kajian Psikologi Sosial Davis, penelitian deskriptif, pendekatan kualitatif |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Hananto Bayu Susetyo |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 10:35 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 10:35 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4803 |
Actions (login required)
View Item |