Nuha, Ullin and Dra. Yuni Gayatri, M.Pd. and Dra. Lina Listiana , M.Kes. (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (535kB) | Preview |
|
PDF (Bab I)
Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab V)
Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Sejauh ini guru sudah melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa, akan tetapi belum menunjukkan hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan analisis, dan melakukan evaluasi) siswa, mendeskripsikan keterlaksaan pembelajaran, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pendekatan saintifik pada materi sistem pertahanan tubuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, desain One Shot Case Study. Prosedur penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes tulis, dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik pada materi sistem pertahanan tubuh dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah 1 Surabaya kelas XI IPA 1 yaitu ditunjukkan pada siklus I skor rata-rata hasil evaluasi keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 82,1 dan pada siklus II sebesar 92,6. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik adalah pada siklus I skor rata-rata 2,7 (baik) dan siklus II 3,6% (sangat baik). Respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik rata-rata positif dan 86% siswa merasa dapat berpikir kritis. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, pendekatan saintifik, model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 02:38 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 02:38 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/49 |
Actions (login required)
View Item |