UMSurabaya Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D DAN E DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA

SARI, ISNA AFITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA MATA PELAJARAN AL ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII D DAN E DI SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (487kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian merupakan pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Al-Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII D dan E di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian menemukan beberapa rumusan masalah yaitu 1. Apakah ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaing pelajaran Al-Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII D dan E di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Al-Islam kelas VII D dan E di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam kelas VII D dan E di SMP Muhammdiyah 5 urabaya, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Al-Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Penelitian mempunyai subyek penelitian sebanyak 24 respnden menggunakan Quasi Eksperimen. Pengumpulan data menggunakan pre-test, pemberian perlakuan, dan post-test serta observasi untuk melengkapi data pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Al-Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII D dan E di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Data dengan menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE). pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan sebelum dan sesudah dilakukan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfe) untuk ditunjukkan hasil 1964 dengan taraf signifikan 5% , dk = 2. Berdasarkan hasil penelitian bahwa respon siswa pada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining pada mata pelajaran Al-Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VII D dan E di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya lebih berpengaruh efektif dan efesien dibandingkan dengan model ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 30 Nov 2020 11:17
Last Modified: 30 Nov 2020 11:17
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4921

Actions (login required)

View Item View Item